MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
OTC Market: Pintu Masuk Investasi Alternatif yang Menguntungkan
Teori
Bagikan!

OTC Market: Pintu Masuk Investasi Alternatif yang Menguntungkan

20 June 2024
4 menit membaca
OTC Market: Pintu Masuk Investasi Alternatif yang Menguntungkan

Dalam dunia investasi, diversifikasi adalah kunci untuk mengelola risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan. Dengan menyebar investasi di berbagai instrumen, kamu dapat melindungi portofolio dari fluktuasi pasar yang tajam. Salah satu cara untuk mencapai diversifikasi yang efektif adalah dengan mengeksplorasi berbagai jenis pasar, termasuk Over the Counter (OTC) Market.

OTC Market menawarkan alternatif investasi yang menarik bagi mereka yang ingin keluar dari jalur konvensional. Pasar ini memberikan akses ke berbagai instrumen keuangan yang tidak tersedia di bursa efek utama, memungkinkan kamu untuk menemukan peluang baru dan unik. Di artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu OTC Market, keuntungan dan risikonya, serta bagaimana cara memulai investasi di pasar yang dinamis ini. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu OTC Market?

Siapa yang tidak tertarik dengan OTC Market? Tempat di mana saham perusahaan kecil dan instrumen keuangan lainnya diperdagangkan tanpa harus memenuhi persyaratan ketat bursa efek utama. OTC, atau Over-the-Counter, merujuk pada pasar di mana sekuritas diperdagangkan langsung antara dua pihak tanpa melalui bursa yang terorganisir secara formal. Perdagangan OTC sering kali dilakukan secara langsung antara investor dan broker-dealer, tanpa melalui proses yang rumit seperti yang ditemui di bursa efek reguler.

OTC Market menawarkan akses ke berbagai instrumen keuangan, termasuk saham perusahaan kecil, obligasi, derivatif, dan bahkan mata uang kripto. Salah satu keuntungan utama OTC Market adalah fleksibilitasnya dalam memfasilitasi perdagangan instrumen yang mungkin tidak memenuhi syarat untuk dicatat di bursa efek utama. Hal ini memungkinkan perusahaan-perusahaan kecil untuk mendapatkan akses ke pasar modal dan membiayai pertumbuhan mereka, meskipun mereka tidak memenuhi kriteria untuk dicatat di bursa utama.

OTC Markets Group (OTC) merupakan salah satu pemain utama dalam industri ini dengan menyediakan platform untuk perdagangan sekuritas yang tidak terdaftar di bursa saham utama. Mereka juga menawarkan layanan kutipan waktu nyata melalui OTC Link untuk memudahkan para pelaku pasar. Akan tetapi, keamanan dan transparansi tetap menjadi fokus utama mereka. OTC Markets Group berkomitmen untuk memastikan bahwa informasi dan proses perdagangan berjalan dengan adil dan efisien.

Jenis-Jenis OTC Market

OTC Market memiliki struktur yang terdiri dari beberapa jenis bursa saham yang melayani berbagai kebutuhan perusahaan dan investor. Meskipun tidak terdaftar di bursa utama, OTC Market tetap menjadi jaringan keuangan yang signifikan dengan tiga jenis utama sebagai berikut:

  • OTCQX

OTCQX merupakan tingkatan tertinggi di antara bursa saham OTC. Perusahaan yang terdaftar di OTCQX harus memenuhi kriteria yang lebih ketat dibandingkan dengan bursa OTC lainnya. Meskipun hanya sekitar empat persen dari total saham OTC yang diperdagangkan di sini, OTCQX menjadi pilihan utama bagi perusahaan besar dan ternama yang tidak dapat atau memilih untuk tidak terdaftar di bursa utama seperti NYSE atau NASDAQ. Pemilihan OTCQX seringkali didasarkan pada keinginan untuk menghindari biaya tinggi yang terkait dengan pencatatan di bursa utama.

  • OTCQB

OTCQB, sering disebut sebagai pasar ventura, merupakan tingkatan kedua dalam hierarki bursa OTC. Bursa ini menampung perusahaan Amerika Serikat dan internasional yang masih dalam tahap perkembangan dan belum memenuhi syarat untuk masuk ke OTCQX. Perusahaan yang terdaftar di OTCQB diharuskan untuk melaporkan keuangan mereka kepada lembaga pengawas, meningkatkan tingkat transparansi dan akuntabilitas di pasar.

  • Pink Sheets

Pink Sheets merupakan platform untuk perdagangan saham perusahaan swasta yang bekerja sama dengan broker-dealer. Perusahaan yang diperdagangkan di Pink Sheets tidak diwajibkan untuk terdaftar pada Securities and Exchange Commission (SEC). Bursa ini memberikan kesempatan bagi perusahaan kecil untuk mencatatkan saham mereka tanpa harus memenuhi persyaratan yang ketat seperti yang diperlukan di bursa lainnya.

Perbedaan OTC Market dengan Bursa

OTC Market dan bursa konvensional memiliki perbedaan signifikan dalam cara mereka mengorganisasi dan mengawasi perdagangan sekuritas.

Perdagangan di bursa, seperti NYSE atau NASDAQ, berlangsung di bawah pengawasan ketat lembaga pengatur untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan dan transparansi pasar. Pesanan dibandingkan dan dieksekusi secara terbuka di bursa, memastikan bahwa harga tercapai dengan cara yang adil dan transparan bagi semua peserta pasar.

Di sisi lain, OTC Market adalah pasar yang lebih terdesentralisasi dan tidak terorganisir, dimana perdagangan dilakukan secara langsung antara dua pihak atau melalui dealer yang bertindak sebagai perantara. Prosedur perdagangan dapat berlangsung melalui berbagai media seperti telepon, email, atau platform elektronik. Karena kurangnya pengawasan yang ketat, OTC Market cenderung memiliki tingkat transparansi yang lebih rendah dibandingkan bursa. Ini berarti para peserta pasar mungkin tidak memiliki akses yang sama terhadap informasi atau pengetahuan yang mendalam tentang sekuritas yang diperdagangkan.

Perusahaan yang memilih untuk memperdagangkan saham mereka di OTC sering kali adalah perusahaan yang belum memenuhi syarat untuk terdaftar di bursa utama, mungkin karena ukuran mereka yang lebih kecil atau ketidakmampuan untuk memenuhi persyaratan finansial yang ketat. Di sisi lain, perusahaan besar yang telah memenuhi semua persyaratan seringkali memilih untuk terdaftar di bursa untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas bagi investor.

Selain itu, bursa memiliki jam perdagangan yang terstruktur dan terbatas, sementara OTC Market memungkinkan perdagangan yang lebih fleksibel dengan sistem 24/7. Ini memungkinkan investor untuk melakukan perdagangan di luar jam kerja tradisional, meskipun dengan risiko likuiditas yang lebih rendah pada saat-saat tertentu.

Dengan demikian, perbedaan mendasar antara OTC Market dan bursa utama bukan hanya terletak pada struktur dan pengaturannya, tetapi juga pada transparansi, aksesibilitas, dan jenis perusahaan yang cenderung memilih masing-masing platform perdagangan ini.

Investasi Lebih Percaya Diri dengan Analisa Unggulan!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim riset Reku siap memberikan analisa unggulan untuk investasimu. Siapkan strategi investasimu dengan lebih banyak analisa terkini di sini.

Download aplikasi Reku untuk pengalaman investasi yang lebih aman dan nyaman.

Foto diambil dari Freepik