MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Info Reku

Latar Belakang Aset
Press Release
Promo
Reku Update
Apa itu Spectral?
Latar Belakang Aset
Bagikan!

Apa itu Spectral?

20 June 2024
3 menit membaca
Apa itu Spectral?

Spectral (SPEC) adalah proyek terdesentralisasi yang menggabungkan Web3, machine learning (ML), dan kecerdasan buatan (AI) melalui platform Inference Economy. 

Tim Spectral Labs berkolaborasi dengan ahli deep learning dari Hugging Face untuk mengembangkan model open-source, dataset, dan aplikasi untuk ekonomi agen on-chain. 

Tokenomics SPEC mencakup total pasokan 100.000.000 SPEC, digunakan untuk pemungutan suara dalam keputusan protokol, staking di platform, dan transaksi di ekosistem. 

Spectral telah berhasil mengumpulkan dana signifikan melalui beberapa putaran pendanaan: $23 juta pada 24 Agustus 2022, $6,75 juta pada 9 November 2021, dan $70 ribu melalui penjualan token publik pada 4-6 Mei 2024. 

Komunitas Spectral melibatkan Modelers yang menggunakan teknologi zero-knowledge machine learning (zkML) untuk mengembangkan dan menerapkan model ML tanpa mengungkap teknik properti mereka.

Project Assessment Score: 7.4/10

Key Takeaways:

  1. Technology πŸ’‘: Spectral (SPEC) adalah proyek terdesentralisasi yang menggabungkan Web3, machine learning (ML), dan kecerdasan buatan (AI). Proyek ini menciptakan platform yang disebut Inference Economy. 
  2. Project’s Team 🌐: Tim Spectral Labs bekerja sama dengan ahli deep learning dari Hugging Face untuk memajukan model open-source, dataset, dan aplikasi untuk ekonomi agen on-chain. 
  3. Tokenomics & Token Utility πŸ”’: Tokenomics SPEC mencakup total pasokan 100.000.000 SPEC. Token SPEC memiliki utilitas sebagai alat pemungutan suara untuk keputusan protokol, staking di platform Spectral, dan sebagai medium transaksi di seluruh ekosistem. 
  4. Investors πŸ’°: Spectral berhasil mengumpulkan dana melalui beberapa putaran pendanaan yang signifikan: $23 juta pada 24 Agustus 2022, $6,75 juta pada 9 November 2021, dan $70 ribu melalui penjualan token publik pada 4-6 Mei 2024.
  5. Community πŸ’ͺ: Komunitas Spectral melibatkan Modelers, yakni ilmuwan data dan insinyur ML yang menggunakan teknologi zero-knowledge machine learning (zkML) untuk membuat, memvalidasi, dan menerapkan model ML tanpa mengungkap teknik properti mereka. 

 

Technology (Score:7.5/10)

1/ Spectral (SPEC) adalah proyek terdesentralisasi yang menggabungkan Web3, machine learning (ML), dan kecerdasan buatan (AI). Proyek ini menciptakan platform yang disebut Inference Economy. Ada dua produk inti dalam proyek ini: πŸ”’πŸ’¬

2/ Spectral Nova: Ini adalah jaringan model AI dan ML yang memberikan kesimpulan dan wawasan dari perhitungannya ke dalam kontrak dan aplikasi pintar blockchain. Dengan Spectral Nova, kontrak pintar tidak hanya menerima data mentah, tetapi juga hasil dan solusi komputasi algoritme AI dan ML. Ilmuwan data yang berkontribusi pada model ini menerima hadiah kripto. πŸ’‘πŸ¦

3/ Spectral Syntax: Alat AI generatif ini memungkinkan Anda membuat kode pemrograman kontrak pintar dalam bahasa Solidity berdasarkan permintaan tekstual. Dengan Spectral Syntax, Anda dapat mengotomatiskan berbagai aktivitas, seperti pembuatan dan distribusi token, transfer aset, dan operasi web3 lainnya. πŸ’ΌπŸ”Œ

 

Project’s Team (Score:7/10)

4/ Tim Spectral Labs bekerja sama dengan ahli deep learning dari Hugging Face untuk memajukan model open-source, dataset, dan aplikasi untuk ekonomi agen on-chain. Meskipun informasi tentang pendirinya tidak tersedia secara spesifik, proyek ini bertujuan untuk memungkinkan pengguna menciptakan Onchain AI Agents yang dapat mengubah bahasa alami menjadi kode Solidity, memfasilitasi pembuatan smart contract, agen arbitrase, NFT, dan aplikasi lainnya dengan menggunakan teknologi orkestrasi yang inovatif untuk berinteraksi secara langsung dengan infrastruktur blockchain. πŸ‘¨β€πŸ’»πŸ‘©β€πŸ’» 

 

Tokenomics and Token Utility (Score:7.5/10)

5/ Tokenomics SPEC mencakup total pasokan 100.000.000 SPEC. Token SPEC memiliki utilitas sebagai alat pemungutan suara untuk keputusan protokol, staking di platform Spectral, dan sebagai medium transaksi di seluruh ekosistem. 🌐

 

Investors (Score:8/10)

6/ Spectral berhasil mengumpulkan dana melalui beberapa putaran pendanaan yang signifikan: pada 24 Agustus 2022, mereka mendapatkan $23 juta dari investor utama seperti Social Capital, General Catalyst, dan Circle Jump Capital, diikuti oleh pendanaan sebesar $6,75 juta pada 9 November 2021 dari Polychain Capital, Galaxy, dan ParaFi Capital. Selain itu, Spectral juga sukses mengumpulkan $70 ribu dalam penjualan token publik melalui IEO pada 4-6 Mei 2024, dengan harga $2,30 per token yang menghasilkan ROI mencapai 203,2%. πŸ’°πŸ€

 

Community (Score:7/10)

7/ Melalui Spectral Syntax, pengguna dapat menciptakan kode Solidity untuk membuat agen AI onchain seperti smart contract, agen arbitrase, dan NFT, serta berkomunikasi langsung dengan infrastruktur blockchain untuk generasi dan penyebaran kode otomatis. πŸ’ͺ

8/ Komunitas Spectral melibatkan Modelers, yakni ilmuwan data dan insinyur ML yang menggunakan teknologi zero-knowledge machine learning (zkML) untuk membuat, memvalidasi, dan menerapkan model ML tanpa mengungkap teknik properti mereka. Mereka berpartisipasi dalam tantangan dan mendapatkan imbalan awal serta kompensasi berkelanjutan. Validators memastikan model berkualitas tinggi yang memenuhi standar diterbitkan dan diakses oleh pengguna. Token ERC-20 SPEC digunakan untuk governance, staking, dan transaksi di platform, memberikan pemegang token hak suara dalam keputusan protokol. Spectral juga mengeksplorasi aplikasi di sektor Web3 seperti DeFi dan NFT, memanfaatkan teknologi blockchain untuk memastikan keamanan data yang digunakan dalam pengembangan model ML. πŸ’Έ

 

Official Website and Documentation

https://www.spectrallabs.xyz/