MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Info Reku

Apa itu USDC?
Latar Belakang Aset
Bagikan!

Apa itu USDC?

01 February 2021
1 menit membaca
Apa itu USDC?

USDC atau USD (United States Dollar) Coin adalah stablecoin dengan nilai yang mengikuti dolar US. Dalam kondisi ideal, nilai 1 USDC akan setara dengan 1 dolar US. Mengapa mengikuti nilai dari dolar US? Dalam hal ini, USDC diperuntukkan bagi mereka yang ingin berinvestasi dalam dolar US dengan lingkungan teknologi yang menggunakan blokchain.

Pada dasarnya, USDC berkomitmen untuk menjaga nilai dari tiap token yang dikeluarkan untuk memiliki nilai yang sama dengan dolar US. Hal ini dimungkinkan dengan memiliki jumlah uang yang sama di dalam reserve dengan yang diberikan kepada pembeli koin. Sederhananya, jika pembeli koin membeli 10,000 USDC, reserve milik USDC harus memiliki $10,000, untuk memastikan bahwa bila pembeli menginginkan penukaran kembali, USDC dapat memberikan uang sejumlah yang sama.

Bagaimana Mekanisme Kerja USDC?

USDC memiliki misi untuk menjaga nilainya agar tidak mengalami volatilitas yang unpredictable, membuat koin ini ideal menjadi instrumen investasi yang unik bagi sebagian investor yang menginginkan keunikan tersebut. Hal ini dimungkinkan dengan adanya smart contract yang menerbitkan satu token USDC tiap pembeli token membeli $1. Maka dari itu, penting bagi penerbit token untuk memiliki reserve yang cukup untuk mengimbangi permintaan yang ada di pasar.

Tim Pengembang

USDC dikembangkan oleh The Centre Consortium, sebuah perserikatan yang diisi oleh Coinbase dan Circle pada tahun 2018. Centre bertujuan untuk menyediakan kerangka peraturan dan operasional serta pengelolaan untuk penerbitan stablecoin yang didukung aset fiat.

Website Resmi dan Dokumentasi

https://www.centre.io/usdc