MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Info Reku

Latar Belakang Aset
Press Release
Promo
Reku Update
Apa itu Wormhole?
Latar Belakang Aset
Bagikan!

Apa itu Wormhole?

03 April 2024
4 menit membaca
Apa itu Wormhole?

Wormhole (W) adalah sebuah protokol jembatan antar blockchain yang memfasilitasi komunikasi lintas rantai, memungkinkan transfer aset dan data digital seperti token dan NFT tanpa perlu melalui bursa terpusat.

Dukungan dari tim individu yang berdedikasi, seperti Robinson Burkey dan Reecer yang merupakan puncak pimpinan, serta kontribusi Wormhole Labs sebagai kontributor inti, menjadikan Wormhole sebuah platform yang berkembang.

Token Wormhole (W) menjadi kunci penggerak bagi platform ini, dengan total pasokan maksimum 10 miliar dan 1,8 miliar beredar pada awal peluncurannya, sementara pemegang token memiliki pengaruh signifikan pada masa depan protokol dan keputusan strategis.

Pendanaan baru-baru ini senilai $225 juta, dengan valuasi mencapai $2,5 miliar, melibatkan nama-nama besar seperti Coinbase Ventures, Jump Trading, Multicoin Capital, dan Arrington XRP Capital.

Komunitas yang kuat dengan lebih dari 320.300 pengikut di Twitter, 309.272 anggota aktif di Discord, dan lebih dari 10.424 anggota di Telegram, memainkan peran sentral dalam memperkuat ekosistem dan kesuksesan Wormhole.

 

Project Assessment Score: 8.5/10

  1. Technology πŸ’‘: Wormhole adalah sebuah protokol jembatan antar blockchain yang memfasilitasi komunikasi lintas rantai. Dengan Wormhole, kita dapat mentransfer aset dan data digital, termasuk token dan NFT, tanpa perlu melalui bursa terpusat.
  2. Project’s Team 🌐: Wormhole didukung oleh tim individu yang berdedikasi dalam memajukan interoperabilitas blockchain. Diantara anggotanya, terdapat Robinson Burkey dan Reecer yang menjabat sebagai puncak pimpinan, serta Wormhole Labs sebagai kontributor inti dari platform Wormhole.
  3. Tokenomics & Token Utility πŸ”’: Token Wormhole (W) adalah kunci penggerak bagi platform Wormhole, dengan total pasokan maksimum sebesar 10 miliar, di mana 1,8 miliar akan beredar pada awal peluncurannya. Selain itu, pemegang token memiliki pengaruh signifikan pada masa depan protokol, termasuk dalam keputusan terkait manajemen koneksi, peningkatan kontrak pintar, penyesuaian biaya, ekspansi Guardian, dan pengaturan utilitas token.
  4. Investors πŸ’°: Wormhole baru-baru ini berhasil mengumpulkan $225 juta dalam putaran pendanaan dengan valuasi sekitar $2,5 miliar. Beberapa nama besar seperti Coinbase Ventures, Jump Trading, Multicoin Capital, dan Arrington XRP Capital turut berpartisipasi dalam pendanaan ini.
  5. Community πŸ’ͺ: Komunitas dan ekosistem Wormhole (W) memainkan peran sentral dalam pengembangan dan kesuksesan platform ini. Wormhole memiliki lebih dari 320.300 pengikut di Twitter, 309.272 anggota aktif di Discord, dan lebih dari 10.424 anggota di Telegram.

 

Technology (Score: 9/10)

1/ Wormhole adalah sebuah protokol jembatan antar blockchain yang memfasilitasi komunikasi lintas rantai. Dengan Wormhole, kita dapat mentransfer aset dan data digital, termasuk token dan NFT, tanpa perlu melalui bursa terpusat. Proyek ini bertujuan untuk mengatasi salah satu tantangan utama di ekosistem blockchain: kurangnya interoperabilitas. πŸ”’πŸ’¬

2/ Wormhole adalah platform yang memungkinkan transfer aset antara lebih dari 30 jaringan blockchain dan Layer-2, termasuk Ethereum, Solana, Terra, Binance Smart Chain, Polygon, Avalanche, Oasis, dan lainnya. Diluncurkan pada Agustus 2021, proyek ini saat ini memiliki valuasi sekitar $2,5 miliar. πŸ’‘πŸ¦

3/ Wormhole bekerja dengan memanfaatkan serangkaian kontrak pintar (smart contracts) yang berjalan di setiap blockchain yang terhubung ke dalam jaringannya. Melalui Wormhole Core Layer, pesan yang dihasilkan oleh smart contracts dipantau, diproses, dan diteruskan ke blockchain tujuan yang relevan untuk melakukan transfer aset. Wormhole Guardian, yang terdiri dari sejumlah node yang tersebar di seluruh jaringan Wormhole, bertanggung jawab untuk mengamankan dan memvalidasi transaksi cross-chain, memastikan integritas sistem dan keandalan transaksi lintas rantai. Dengan demikian, Wormhole memfasilitasi interoperabilitas antara berbagai blockchain dengan efisiensi dan keandalan yang tinggi, memungkinkan transfer aset lintas rantai yang efektif dan aman. πŸ’ΌπŸ”Œ

 

Project’s Team (Score: 8.5/10)

4/ Wormhole didukung oleh tim individu yang berdedikasi dalam memajukan interoperabilitas blockchain. Diantara anggotanya, Robinson Burkey sebagai EVP dan Kepala Strategi membawa pengalaman dalam mengembangkan startup tradisional dan telah berkontribusi dalam pengembangan ekosistem dengan Acala sebelum bergabung dengan Wormhole. Dan Reecer, sebagai EVP dan Kepala Operasi, membawa pengalaman lebih dari 5 tahun di dunia kripto, memperkuat pertumbuhan dan operasional Wormhole. Di inti infrastrukturnya, terdapat 19 node validator yang dikenal sebagai Wormhole Guardians, yang memastikan pengiriman pesan yang aman melintasi jaringan. Selain itu, Wormhole Labs, sebagai kontributor inti, fokus pada pengembangan lintas rantai untuk memperluas ekosistem Wormhole. Komitmen tim Wormhole tidak hanya pada teknologi, tetapi juga dalam memberdayakan individu dan menciptakan web terdesentralisasi yang memungkinkan aliran informasi yang bebas dan aman. πŸ‘¨β€πŸ’»πŸ‘©β€πŸ’» 

 

Tokenomics and Token Utility (Score: 7.5/10)

5/ Token Wormhole (W) adalah kunci penggerak bagi platform Wormhole, sebuah protokol lintas-rantai yang memfasilitasi komunikasi dan pertukaran pesan lintas lebih dari 30 jaringan blockchain dan Layer-2. W awalnya diluncurkan sebagai token asli Solana SPL, tetapi akan mendukung fungsionalitas ERC20 melalui Wormhole’s Native Token Transfers (NTT) untuk transfer yang mulus di seluruh jaringan yang terhubung. Dengan total pasokan maksimum 10 miliar dan 1,8 miliar akan beredar di awal peluncurannya, 82% pasokan W awalnya terkunci dan akan terbuka selama empat tahun sesuai dengan jadwal vesting. Melalui sistem berbasis token Wormhole, pemegang token memiliki pengaruh pada masa depan protokol, termasuk keputusan terkait manajemen koneksi, peningkatan kontrak pintar, penyesuaian biaya, ekspansi Guardian, dan pengaturan utilitas token. Token W berperan penting dalam memperkuat konektivitas antara berbagai blockchain, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lebih banyak aset dan layanan di seluruh ekosistem kripto. πŸŒπŸ”—

 

Investors (Score: 9.5/10)

6/ Wormhole, sebuah platform pengembang yang memungkinkan berbagai jaringan blockchain berkomunikasi satu sama lain, baru-baru ini berhasil mengumpulkan $225 juta dalam putaran pendanaan dengan valuasi sekitar $2,5 miliar. Ini merupakan salah satu putaran pendanaan terbesar di ruang Web3 tahun ini. Meskipun tidak ada investor yang memimpin putaran ini, beberapa nama besar seperti Coinbase Ventures, Jump Trading, Multicoin Capital, dan Arrington XRP Capital turut berpartisipasi. πŸ’°πŸ€

 

Community (Score: 8/10)

7/ Komunitas dan Ekosistem Wormhole (W) memiliki peran sentral dalam pengembangan dan kesuksesan platform ini. Komunitas Wormhole adalah penggerak utama dalam memperkuat ekosistem, dengan pertumbuhan yang terus berkembang di platform besar seperti Twitter, Discord, dan Telegram. Di Twitter, Wormhole memiliki lebih dari 320.300 pengikut, sementara di Discord, komunitas ini terdiri dari 309.272 anggota yang aktif berpartisipasi dalam diskusi dan pertukaran informasi. Di Telegram, lebih dari 10.424 anggota terlibat dalam berbagai topik seputar Wormhole. πŸŒπŸ”—

8/ Ekosistem Wormhole didukung oleh teknologi blockchain terkini untuk memastikan keamanan dan skalabilitas jaringan. Tim pengembang yang berpengalaman dalam blockchain dan DeFi bertanggung jawab atas pengembangan platform ini. Token W, sebagai token asli Wormhole, memainkan peran penting dalam memperkuat konektivitas antara berbagai blockchain, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lebih banyak aset dan layanan di seluruh ekosistem kripto. Dengan dukungan dari komunitas yang aktif dan fokus pada interoperabilitas lintas rantai, Wormhole terus berinovasi dan memperluas dampaknya di dunia kripto. πŸ’ΈπŸ’ͺ

 

Official Website and Documentation

The best way to build cross-chain (wormhole.com)