MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Rekap

Imbas Sentimen Negatif Mt Gox, Bitcoin Hari Ini Turun?
Bagikan!

Imbas Sentimen Negatif Mt Gox, Bitcoin Hari Ini Turun?

25 June 2024
2 menit membaca
Imbas Sentimen Negatif Mt Gox, Bitcoin Hari Ini Turun?

Potensi Tekanan Jual Mt. Gox

Bitcoin (BTC) mengalami penurunan yang signifikan, anjlok lebih dari 5% dan sempat berada pada level harga $59.000, menyusul berita bahwa wali dari exchange kripto yang saat ini sudah tidak beroperasi, Mt. Gox, akan mulai mendistribusikan lebih dari 140.000 BTC pada bulan Juli kepada para kreditur yang kehilangan aset mereka pada serangan hacker terhadap exchange tersebut tahun 2014 lalu. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang potensi tekanan jual BTC di pasar imbas distribusi tersebut. Saat artikel ini ditulis BTC telah berhasil kembali ke level harga $61.000. 

Alex Thorn, head of research Galaxy Digital, sebuah perusahaan investasi crypto, berpendapat bahwa tekanan jual mungkin tidak separah yang diperkirakan. Menurut Thorn, para kreditur individu mungkin akan lebih cenderung menyimpan koin mereka daripada segera menjualnya. Thorn turut memaparkan bahwa para kreditur tersebut akan menghadapi pajak capital gain yang signifikan apabila melakukan penjualan karena apresiasi harga Bitcoin yang sangat signifikan sejak kebangkrutan Mt Gox.

Selain itu, Thorn menyampaikan bahwa klaim dana yang terlibat sebagian besar terdiri dari individu-individu high net worth yang tertarik untuk mengumpulkan Bitcoin dengan harga diskon daripada menghasilkan keuntungan cepat. Hal ini akan turut mengurangi potensi tekanan jual di pasar akibat distribusi tersebut.

Reku’s takeaway: Terlepas dari kabar terkait Mt. Gox, saat ini tren di pasar crypto memang sedang terkonsolidasi dengan katalis positif yang cukup minim. Sehingga pasar mungkin akan cenderung merespon secara lebih serius adanya potensi perkembangan negatif tertentu. Namun, dengan telah terkoreksinya Bitcoin, kemungkinan akan adanya rebound akibat situasi jenuh jual dapat semakin meningkat.

 

Perkembangan Menarik Lainnya:

$TON

  • Pantera Capital dikabarkan sedang melakukan penggalangan dana untuk menambah investasinya di token TON. Menurut kabar yang beredar, perusahaan tersebut telah mengirimkan email kepada para investor potensial dengan minimum investasi sebesar $250.000.

$BTC

  • ETF Bitcoin spot AS membukukan netflow negatif selama tujuh hari perdagangan berturut-turut. Terakhir pada 24 Juni kemarin, terjadi netflow negatif sebesar $174,5 juta menurut data Coinglass.

$ETH

  • Gas price Ethereum sempat turun di bawah 2 Gwei pada 22 Juni kemarin dengan rata-rata gas price di 4,2 Gwei, terendah sejak 2020 yang membuat biaya transaksi di jaringan utama Ethereum menjadi lebih murah. Saat ini rata-rata gas price berada di angka 8,6 Gwei dengan minimum gas price di 1,1 Gwei.

$BLAST (coming soon)

  • Setelah mengalami penundaan sebelumnya, token Blast rencananya akan dirilis pada tanggal 26 Juni ini. Blast merupakan jaringan layer-2 yang diinisiasi oleh pendiri salah satu marketplace NFT terbesar, Blur, Tieshun Roquerre.

$ETHFI

  • Ether.fi telah membuka DAO governance season 3 hari ini. Anggota komunitas bisa secara terbuka menyampaikan ide dan proposalnya terkait pengembangan Ether.fi atau inisiatif komunitas ke depan. Para peserta termasuk yang melakukan voting memiliki kesempatan untuk mendapatkan reward dari partisipasinya pada campaign tersebut. 

$EOS, $ALGO, $USDT

  • Tether menghentikan pencetakan USDT di jaringan EOS dan Algorand. Menurut website Tether saat ini terdapat $85 juta USDT di jaringan Algorand atau sekitar 0,08% dari total suplai USDT dan $17 juta di jaringan EOS, sekitar 0,015% dari total suplai.

 

Disclaimer: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.