MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Analisis

Publikasi (Deep Dives)
Analisis Pasar
Analisis Makro
Ringkasan Reku
Ethereum Kukuhkan Posisi sebagai Proyek Crypto Paling Profitable
Ringkasan Reku
Bagikan!

Ethereum Kukuhkan Posisi sebagai Proyek Crypto Paling Profitable

06 July 2023
2 menit membaca
Ethereum Kukuhkan Posisi sebagai Proyek Crypto Paling Profitable

ETH

Sumber: Token Terminal

Ethereum, sebuah proyek pengembangan platform blockchain publik -atau yang juga disebut jaringan layer-1 (L1)- terbesar saat ini kembali membukukan performa positif dengan peningkatan fee jaringan sebesar 20,4% dalam tujuh hari terakhir. Peningkatan tersebut terbilang cukup signifikan mengingat Ethereum merupakan proyek crypto dengan jumlah fee (pendapatan) terbanyak saat ini. Dibandingkan Tron yang menempati peringkat kedua dengan $17,3 juta, pendapatan Ethereum dalam satu minggu terakhir berada pada angka $36,4 juta atau dua kali lipat lebih. Fakta tersebut semakin mengukuhkan dominasi Ethereum sebagai jaringan blockchain paling profitable saat ini. Fee tersebut sebagian besar akan langsung didistribusikan kepada nodes Ethereum yang melakukan staking ETH di jaringan blockchain Ethereum. Dengan demikian, semakin besar pendapatan jaringan yang dibukukan, akan membuat ETH semakin bernilai. Sehingga data ini dapat berpotensi menjadi katalis positif bagi ETH di minggu ini. 

Baca juga: Analisis Pasar Sepekan Terakhir: Solana, Ethereum, dan Litecoin Pilihan Utama Minggu Ini!

SAND

Sumber: Dapp radar

Pada grafik ETH di atas kita juga mendapati adanya peningkatan pendapatan yang cukup tinggi yang dibukukan oleh marketplace NFT terbesar saat ini yaitu Blur dan OpenSea yang menandakan mulai menggeliatnya sektor NFT dalam satu minggu terakhir. Salah satu proyek NFT yang juga terlihat membukukan peningkatan performa yang sangat positif adalah The Sandbox ($SAND). The Sandbox yang merupakan proyek NFT yang bergerak di bidang pengembangan Metaverse terdesentralisasi dan telah diadopsi oleh puluhan brand-brand ternama mulai dari industri game dan hiburan hingga surat kabar, mengalami peningkatan jumlah transaksi lebih dari 326% dan jumlah pengguna aktif sebesar 48% lebih, dalam tujuh hari terakhir. Berlanjutnya tren positif yang terbentuk ini, dapat berpotensi menjadi momentum konfirmasi pembalikan arah dari tren SAND yang cenderung bearish sejak awal tahun ini.   

 

SOL

Sumber: Cryptoslam 

Sentimen positif NFT juga terjadi di jaringan blockchain Solana. Solana dikenal sebagai jaringan blockchain yang cukup populer untuk NFT dan memiliki banyak penggemar loyal yang tersebar di berbagai komunitas mulai dari musik hingga penggemar game. Dalam satu minggu terakhir, jumlah penjualan NFT di jaringan Solana mengalami peningkatan sebesar lebih dari 326%. Peningkatan tersebut dapat dikatakan relatif sangat tinggi mengingat kompetisi yang mulai lebih menantang saat ini dengan jaringan seperti Bitcoin yang juga mulai banyak diadopsi untuk NFT. Oleh sebab itu, hal ini dapat berpotensi menjadi katalis positif yang cukup kuat bagi token SOL di minggu ini.   

 

FTM

Sumber: Token Terminal

Fantom, sebuah jaringan layer-1 (L1) alternatif yang saat ini menempati peringkat 47 Coinmarketcap ini membukukan peningkatan jumlah pengguna aktif harian sebesar 108% dalam satu minggu terakhir. Fantom menjadi satu-satunya platform dengan jumlah pengguna aktif harian di atas seribu yang menempati peringkat sepuluh besar peningkatan jumlah pengguna aktif mingguan terbesar. Selain itu, dengan sekitar 73 ribu pengguna aktif harian, Fantom juga berada pada posisi sepuluh besar (tepatnya pada peringkat sembilan), proyek blockchain dengan jumlah pengguna aktif harian terbanyak dari 157 proyek yang dihimpun datanya oleh Token Terminal. Sentimen positif ini dapat berpotensi menjadi katalis positif bagi token FTM.  

 

*Akurasi dari katalis-katalis diatas dapat dipengaruhi oleh perubahan keadaan seperti akibat dari peristiwa tertentu yang kejadiannya tidak dapat diprediksi sebelumnya. Apabila Anda memutuskan untuk mengambil keputusan trading atau berinvestasi jangka pendek, kami menyarankan untuk selalu memantau peristiwa yang sekiranya dapat berkaitan dengan aset crypto tersebut. Aset crypto juga dapat mengalami kenaikan atau penurunan harga tanpa adanya suatu sebab atau katalis tertentu.
*PERINGATAN: Pergerakan harga aset crypto sangat fluktuatif, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Pergerakan harga aset crypto dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus Anda gali informasinya. Investasi aset Anda di aset crypto merupakan investasi beresiko tinggi. Semua keputusan jual beli aset crypto Anda merupakan keputusan Anda sendiri dan tidak dipengaruhi oleh pihak lain. Artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan saran atau rekomendasi investasi.