MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
10 Langkah Mudah Belajar Trading Crypto dari Nol!
Teori
Bagikan!

10 Langkah Mudah Belajar Trading Crypto dari Nol!

03 July 2024
4 menit membaca
10 Langkah Mudah Belajar Trading Crypto dari Nol!

Ingin mulai trading crypto tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang, Kamu tidak sendiri! Memulai trading crypto bisa terasa seperti perjalanan yang menantang, tetapi dengan panduan yang tepat, kamu bisa melakukannya dengan percaya diri. Artikel ini dibuat khusus untuk pemula yang ingin memahami dasar-dasar trading crypto dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Berikut ini adalah 10 langkah mudah yang bisa membantu kamu belajar trading crypto dari nol. Yuk, kita mulai!

1. Pahami Apa Itu Crypto 

Sebelum kamu mulai trading, pastikan kamu tahu apa itu crypto. Crypto adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk keamanannya. Bitcoin adalah yang paling terkenal, tetapi ada banyak altcoin lain seperti Ethereum, Ripple, dan Litecoin. Setiap mata uang memiliki karakteristik dan kegunaannya sendiri. Memahami dasar-dasar ini akan membantu kamu membuat keputusan investasi yang lebih baik.

2. Pelajari Dasar-Dasar Blockchain 

Blockchain adalah teknologi di balik cryptocurrency. Memahami bagaimana blockchain bekerja akan memberimu wawasan tentang keamanan dan transparansi crypto. Blockchain adalah buku besar terdistribusi yang mencatat semua transaksi yang dilakukan menggunakan mata uang kripto. Teknologi ini memastikan bahwa semua transaksi aman dan tidak dapat diubah. Ada banyak sumber online yang bisa membantu kamu memahami konsep ini dengan mudah, termasuk video tutorial dan artikel.

3. Pilih Exchange yang Tepat 

Untuk mulai trading, kamu perlu memilih exchange atau bursa yang terpercaya. Reku adalah pilihan yang bagus karena menyediakan platform yang kuat dan aman untuk trading crypto. Selain itu, pastikan exchange yang kamu pilih terdaftar dan memiliki reputasi baik. Membaca ulasan dan pengalaman pengguna lain bisa sangat membantu. Keamanan, biaya transaksi, dan kemudahan penggunaan adalah faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih exchange.

4. Buat Akun dan Verifikasi Identitas 

Setelah memilih exchange, langkah selanjutnya adalah membuat akun. Kamu perlu memberikan beberapa informasi pribadi dan melakukan verifikasi identitas. Proses ini penting untuk keamanan dan kepatuhan terhadap peraturan. Verifikasi identitas biasanya melibatkan pengunggahan dokumen seperti KTP atau paspor. Setelah akun kamu terverifikasi, kamu bisa mulai menjelajahi fitur-fitur platform tersebut.

5. Lakukan Deposit Dana 

Setelah akun kamu siap, lakukan deposit dana untuk memulai trading. Kamu bisa menggunakan transfer bank, kartu kredit, atau metode pembayaran lainnya yang disediakan oleh exchange. Pastikan kamu hanya menginvestasikan uang yang kamu siap untuk rugi. Sebaiknya mulailah dengan jumlah kecil untuk menguji platform dan mendapatkan pengalaman awal. Selalu ingat untuk memeriksa biaya transaksi yang mungkin berlaku.

6. Pelajari Analisis Teknikal dan Fundamental 

Analisis teknikal melibatkan penggunaan grafik dan indikator untuk memprediksi pergerakan harga, sementara analisis fundamental fokus pada berita dan peristiwa yang mempengaruhi nilai crypto. Keduanya penting untuk membuat keputusan trading yang bijak. Analisis teknikal melibatkan mempelajari pola grafik, indikator seperti moving averages, dan volume perdagangan. Analisis fundamental, di sisi lain, mencakup memeriksa berita, pengumuman perusahaan, dan perkembangan teknologi yang dapat mempengaruhi nilai mata uang.

7. Mulailah dengan Trading Kecil 

Jangan terburu-buru untuk melakukan trading besar. Mulailah dengan jumlah kecil untuk menguji strategi dan memahami bagaimana pasar berfungsi. Ini juga membantu kamu mengelola risiko dengan lebih baik. Dengan memulai kecil, kamu bisa belajar dari kesalahan tanpa kehilangan banyak uang. Ketika kamu merasa lebih percaya diri dan berpengalaman, kamu bisa secara bertahap meningkatkan jumlah investasi kamu.

8. Gunakan Fitur Stop Loss dan Take Profit 

Fitur stop loss dan take profit adalah alat penting untuk mengelola risiko. Stop loss membantu membatasi kerugian jika harga turun, sedangkan take profit memastikan kamu mengambil keuntungan saat harga mencapai target tertentu. Mengatur stop loss dapat melindungi modal kamu dari kerugian besar, sementara take profit membantu kamu mengunci keuntungan sebelum pasar berbalik arah. Penggunaan kedua fitur ini secara bijaksana dapat membantu menjaga keseimbangan portofolio kamu.

9. Pantau Pasar Secara Teratur 

Pasar crypto beroperasi 24/7, jadi penting untuk memantau pergerakan harga secara teratur. Gunakan aplikasi mobile dari exchange kamu untuk tetap up-to-date dengan perubahan pasar kapan saja dan di mana saja. Memantau berita dan analisis pasar juga bisa memberikan wawasan berharga tentang tren dan peluang trading. Dengan tetap terinformasi, kamu bisa membuat keputusan trading yang lebih baik dan tepat waktu.

10. Terus Belajar dan Beradaptasi 

Dunia crypto selalu berkembang, jadi penting untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan. Ikuti berita terbaru, bergabunglah dengan komunitas crypto, dan jangan ragu untuk mencoba strategi baru. Semakin banyak kamu belajar, semakin baik kamu akan menjadi sebagai trader. Teknologi, regulasi, dan tren pasar dapat berubah dengan cepat, jadi tetaplah fleksibel dan terus tingkatkan pengetahuan kamu untuk tetap berada di depan.

Belajar trading crypto mungkin terlihat rumit pada awalnya, tetapi dengan mengikuti 10 langkah mudah ini, kamu bisa memulainya dengan percaya diri. Dari memahami dasar-dasar cryptocurrency hingga memanfaatkan fitur stop loss dan take profit, setiap langkah akan membawamu lebih dekat ke tujuan menjadi trader yang sukses. Ingat, kunci utamanya adalah terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Jadi, mulailah perjalanan trading crypto kamu sekarang dan nikmati setiap prosesnya!

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

Foto diambil dari Freepik