MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
7 Tips dan Trik Bitcoin Trading yang Wajib Kamu Tahu!
Teori
Bagikan!

7 Tips dan Trik Bitcoin Trading yang Wajib Kamu Tahu!

01 July 2024
4 menit membaca
7 Tips dan Trik Bitcoin Trading yang Wajib Kamu Tahu!

Bitcoin, sebagai primadona di dunia aset kripto, telah menarik minat banyak orang di seluruh dunia. Terutama, generasi muda kini semakin tertarik untuk terjun ke dalam trading Bitcoin karena potensi keuntungannya yang luar biasa dalam waktu yang relatif singkat. Namun, sebelum kamu terjun lebih dalam, penting untuk mengetahui bahwa trading Bitcoin tidak hanya menawarkan peluang keuntungan besar tetapi juga risiko yang signifikan. Harga Bitcoin dapat berfluktuasi secara drastis dalam hitungan jam. Untuk itu, memahami strategi dan trik trading yang efektif sangat penting agar kamu bisa meraih kesuksesan dan keuntungan maksimal.

Apa Itu Bitcoin

Bitcoin tidak hanya sekadar mata uang digital, melainkan sebuah revolusi yang mengubah paradigma dalam dunia keuangan global. Diluncurkan pada tahun 2008 oleh seseorang atau kelompok yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto, Bitcoin adalah sebuah inovasi yang menggabungkan teknologi peer-to-peer dengan kriptografi yang kuat. Berbeda dengan mata uang konvensional yang dikelola oleh bank sentral atau pemerintah, Bitcoin beroperasi secara desentralisasi. Artinya, tidak ada entitas tunggal yang mengontrolnya, melainkan jaringan global dari node komputer yang saling terhubung dan menggunakan teknologi blockchain untuk memverifikasi dan mencatat setiap transaksi dengan aman dan transparan. Ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer nilai secara langsung, cepat, dan dengan biaya rendah, tanpa perlu melibatkan pihak ketiga. Bitcoin juga dikenal karena volatilitas harga yang tinggi, menjadikannya bukan hanya alat pembayaran digital tetapi juga aset investasi yang menarik bagi banyak orang di seluruh dunia.

Pengertian Bitcoin Trading

Bitcoin trading merupakan kegiatan membeli dan menjual Bitcoin sebagai upaya untuk meraih keuntungan dari fluktuasi harga mata uang kripto ini. Sebagai aset digital paling terkenal di dunia, Bitcoin tidak hanya menjadi simbol dari revolusi keuangan digital, tetapi juga menawarkan peluang besar bagi para investor dan trader untuk mengambil bagian dalam pasar yang terus berkembang pesat. Melalui teknologi blockchain yang mendasarinya, Bitcoin memungkinkan transaksi yang aman, cepat, dan terdesentralisasi tanpa bergantung pada institusi keuangan tradisional. Dengan pasar yang beroperasi 24/7, Bitcoin trading memberikan fleksibilitas bagi para pelaku pasar untuk berpartisipasi kapan pun dan di mana pun mereka berada, mencerminkan evolusi signifikan dalam cara dunia berinteraksi dengan kekayaan digital. Berikut ini adalah 7 tips dan trik trading Bitcoin yang wajib kamu ketahui.

1. Pilih Platform Trading yang Terpercaya 

Memilih platform exchange yang terpercaya adalah langkah awal yang sangat penting dalam trading Bitcoin. Pastikan platform tersebut terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk menjamin keamanan dan legalitas transaksi kamu. Misalnya, dengan aplikasi Reku yang merupakan bursa kripto terkemuka di Indonesia, kamu bisa mendapatkan platform yang kuat dan terpercaya untuk berinvestasi, membeli, dan menjual banyak aset kripto.

2. Manfaatkan Fitur-Fitur Canggih 

Banyak aplikasi trading menyediakan fitur-fitur canggih yang bisa membantu kamu dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan. Misalnya, grafik harga untuk menganalisis tren pasar, fitur stop loss untuk mengurangi kerugian, dan fitur take profit untuk mengunci keuntungan saat harga mencapai target tertentu. Dengan memanfaatkan semua fitur yang ada, kamu bisa membuat keputusan yang lebih informasional dan meminimalkan risiko kerugian.

3. Pahami Pola Pergerakan Harga 

Memahami pola pergerakan harga Bitcoin sangat penting untuk memprediksi kapan saat yang tepat untuk membeli atau menjual. Pelajari grafik candlestick dan sinyal-sinyal teknis lainnya yang dapat memberikan gambaran tentang pergerakan harga di masa depan.

4. Beli Saat Harga Turun, Jual Saat Harga Naik 

Prinsip dasar dalam trading Bitcoin adalah membeli saat harga rendah dan menjual saat harga tinggi. Perhatikan dengan seksama pergerakan harga dan memanfaatkan peluang ketika harga sedang turun untuk membeli, lalu jual saat harga naik untuk mendapatkan keuntungan.

5. Ketahui Biaya Transaksi 

Setiap platform trading memiliki kebijakan biaya yang berbeda. Pastikan kamu memahami biaya-biaya tersebut, baik itu biaya pembelian, penarikan, atau biaya transaksi lainnya. Memahami struktur biaya ini dapat membantu kamu menghitung keuntungan bersih dari setiap transaksi.

6. Prioritaskan Keamanan Aset 

Keamanan aset digital kamu adalah hal yang sangat penting. Pastikan untuk menggunakan fitur keamanan seperti otentikasi dua faktor (2FA), enkripsi data, dan pilihlah platform yang menawarkan perlindungan asuransi untuk melindungi aset kamu dari kemungkinan peretasan.

7. Terus Belajar dan Beradaptasi 

Dunia Bitcoin terus berkembang dan berubah. Penting untuk selalu update dengan informasi terbaru, bergabung dengan komunitas trader, mengikuti seminar, dan membaca buku atau artikel tentang trading Bitcoin. Konsistensi dalam belajar dan beradaptasi dengan perubahan pasar akan membantu kamu menjadi trader yang lebih baik dan lebih sukses.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

 

Foto diambil dari Freepik.