MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Cara Beli Saham Luar Negeri: Panduan Lengkap untuk Investor Pemula
Teori
Bagikan!

Cara Beli Saham Luar Negeri: Panduan Lengkap untuk Investor Pemula

28 June 2024
3 menit membaca
Cara Beli Saham Luar Negeri: Panduan Lengkap untuk Investor Pemula

Investasi saham merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kekayaan. Selain membeli saham dalam negeri, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli saham luar negeri. Membeli saham dari perusahaan asing bisa memberikan diversifikasi portofolio yang baik dan membuka peluang keuntungan yang lebih besar. Artikel ini akan membahas cara-cara praktis untuk membeli saham luar negeri, dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak kaku. Simak artikel berikut!

Kenapa Membeli Saham Luar Negeri?

Ada beberapa alasan mengapa kamu mungkin ingin berinvestasi di saham luar negeri:

1. Diversifikasi Portofolio

Dengan memiliki saham dari berbagai negara, kamu bisa mengurangi risiko karena portofolio kamu tidak tergantung pada satu ekonomi saja.

2. Akses ke Perusahaan Global

Beberapa perusahaan terbesar di dunia, seperti Apple, Google, dan Amazon, terdaftar di bursa saham luar negeri.

3. Peluang Pertumbuhan

Pasar saham di negara-negara maju seringkali menawarkan peluang pertumbuhan yang lebih stabil dan berkelanjutan.

Cara Beli Saham Luar Negeri

Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk membeli saham luar negeri:

1. Pilih Broker yang Mendukung Transaksi Internasional

Langkah pertama untuk membeli saham luar negeri adalah memilih broker yang mendukung transaksi internasional. Di Indonesia, beberapa broker lokal menawarkan layanan ini. Kamu juga bisa memilih broker internasional yang sudah terkenal seperti eToro, Interactive Brokers, atau TD Ameritrade.

Tips Memilih Broker:

  • Pastikan broker tersebut memiliki lisensi dan reputasi yang baik.
  • Perhatikan biaya transaksi dan biaya lain yang dikenakan.
  • Cek apakah platform mereka mudah digunakan dan menyediakan alat analisis yang memadai.

2. Buka Rekening dan Verifikasi Akun

Setelah memilih broker, kamu perlu membuka rekening dan melakukan verifikasi akun. Proses ini biasanya melibatkan pengisian formulir pendaftaran dan pengiriman dokumen identitas seperti KTP atau paspor.

3. Setor Dana ke Rekening Investasi

Setelah akun kamu terverifikasi, langkah selanjutnya adalah menyetor dana ke rekening investasi kamu. Broker biasanya menyediakan beberapa metode untuk melakukan setoran, seperti transfer bank, kartu kredit, atau e-wallet.

4. Pilih Saham yang Ingin Dibeli

Sekarang saatnya memilih saham luar negeri yang ingin kamu beli. Lakukan riset yang mendalam tentang perusahaan yang kamu minati. Perhatikan laporan keuangan, kinerja perusahaan, dan berita terkini yang bisa mempengaruhi harga saham.

Contoh Saham Populer:

  • Apple (AAPL)
  • Amazon (AMZN)
  • Microsoft (MSFT)
  • Tesla (TSLA)

5. Lakukan Pembelian Saham

Setelah menentukan saham yang ingin dibeli, masuk ke platform trading broker kamu, cari ticker saham, dan masukkan jumlah saham yang ingin dibeli. Kamu bisa memilih antara order pasar (membeli dengan harga pasar saat itu) atau order limit (membeli dengan harga tertentu).

6. Pantau Investasi Kamu

Setelah membeli saham, penting untuk terus memantau investasi kamu. Gunakan alat analisis yang disediakan oleh broker untuk melacak kinerja saham dan membuat keputusan investasi yang lebih baik di masa depan.

Tips Investasi Saham Luar Negeri

Berinvestasi di saham luar negeri memiliki tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu sukses dalam investasi ini:

1. Perhatikan Kurs Valuta Asing

Nilai tukar mata uang bisa mempengaruhi hasil investasi kamu. Misalnya, jika kamu membeli saham di bursa Amerika dengan dolar AS, perubahan nilai tukar antara rupiah dan dolar bisa mempengaruhi keuntungan kamu.

2. Pelajari Regulasi dan Pajak

Setiap negara memiliki regulasi dan aturan pajak yang berbeda untuk investor asing. Pastikan kamu memahami semua aturan yang berlaku di negara tempat kamu berinvestasi.

3. Diversifikasi Portofolio

Jangan hanya membeli saham dari satu negara atau sektor industri saja. Diversifikasi portofolio kamu untuk mengurangi risiko.

4. Gunakan Alat Analisis

Manfaatkan alat analisis teknikal dan fundamental yang disediakan oleh broker untuk membuat keputusan investasi yang lebih baik.

5. Tetap Up-to-date

Selalu ikuti berita dan tren pasar global. Informasi terbaru bisa membantu kamu mengambil keputusan yang tepat dan menghindari kerugian.

Membeli saham luar negeri bisa menjadi cara yang efektif untuk mendiversifikasi portofolio investasi kamu dan membuka peluang keuntungan yang lebih besar. Dengan memilih broker yang tepat, melakukan riset yang mendalam, dan memantau investasi kamu secara berkala, kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari investasi saham luar negeri. Selalu ingat untuk berinvestasi dengan bijak dan jangan takut untuk mencari bantuan dari profesional jika kamu membutuhkannya.

Dengan panduan ini, kamu sekarang memiliki pengetahuan dasar yang diperlukan untuk mulai berinvestasi di saham luar negeri. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan investasi kamu!

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

 

Foto diambil dari Freepik.