MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Mau Cuan dari Kripto? Begini Cara Main Crypto yang Benar!
Teori
Bagikan!

Mau Cuan dari Kripto? Begini Cara Main Crypto yang Benar!

05 July 2024
5 menit membaca
Mau Cuan dari Kripto? Begini Cara Main Crypto yang Benar!

Siapa yang tidak mau cuan dari kripto? Investasi kripto sedang naik daun dan menawarkan peluang besar bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungan di dunia digital ini. Tapi, bagaimana cara main crypto yang benar? Apakah kamu perlu menjadi ahli teknologi untuk bisa sukses? Tenang, di artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah sederhana dan strategi jitu agar kamu bisa memulai perjalanan investasi kripto dengan percaya diri. Yuk, simak selengkapnya dan siapkan dirimu untuk meraih keuntungan maksimal.

Pengenalan tentang Kripto

Kripto, atau aset kripto, telah menjadi topik panas di dunia investasi selama beberapa tahun terakhir. Tapi apa sebenarnya kripto itu? Secara sederhana, kripto adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi kriptografi untuk mengamankan transaksi dan mengontrol penciptaan unit baru. Bitcoin adalah contoh paling terkenal, akan tetapi ada ribuan jenis kripto lainnya yang terus bermunculan. Teknologi yang mendasarinya, blockchain, menawarkan transparansi dan keamanan yang belum pernah ada sebelumnya di dunia finansial. Jika kamu penasaran tentang potensi besar yang ditawarkan oleh kripto, sekaranglah saat yang tepat untuk mulai memahami lebih dalam.

Langkah Awal Memulai Investasi Kripto

Memulai investasi kripto mungkin terdengar rumit, tapi dengan langkah yang tepat, kamu bisa melakukannya dengan percaya diri. Berikut adalah langkah awal yang bisa kamu ikuti.

1. Pelajari Dasar-Dasar Kripto

Sebelum kamu mulai berinvestasi, penting untuk memahami apa itu kripto dan bagaimana cara kerjanya. Cari informasi tentang berbagai jenis kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, dan Altcoins lainnya. Pelajari juga tentang teknologi blockchain yang menjadi dasar dari semua kripto ini.

2. Tentukan Tujuan Investasi

Apa yang ingin kamu capai dengan berinvestasi di kripto? Apakah kamu mencari keuntungan jangka pendek atau ingin berinvestasi untuk jangka panjang? Menentukan tujuan investasi akan membantumu memilih strategi yang tepat dan menghindari keputusan impulsif.

3. Pilih Platform Pertukaran yang Terpercaya

Untuk membeli dan menjual kripto, kamu membutuhkan platform jual-beli kripto yang terpercaya. Di Indonesia, Reku adalah salah satu pilihan terbaik yang menawarkan keamanan, kemudahan, dan berbagai aset kripto yang bisa kamu pilih.

4. Buat Akun dan Verifikasi Identitas

Setelah memilih platform, langkah selanjutnya adalah membuat akun. Proses ini biasanya melibatkan verifikasi identitas untuk memastikan keamanan dan mencegah tindakan ilegal. Pastikan kamu mengisi data dengan benar dan lengkap.

5. Setor Dana ke Akun Kamu

Setelah akun kamu terverifikasi, kamu perlu menyetor dana ke akun tersebut. Kamu bisa menggunakan berbagai metode pembayaran yang disediakan oleh platform pertukaran, seperti transfer bank atau kartu kredit.

6. Mulai Membeli Kripto

Dengan dana yang sudah ada di akun, kamu bisa mulai membeli kripto. Pilih jenis kripto yang kamu inginkan dan lakukan transaksi pembelian. Ingat, mulai dengan jumlah kecil dulu untuk meminimalkan risiko.

7. Simpan Kripto Kamu dengan Aman

Setelah membeli kripto, simpan dengan aman di dompet digital atau wallet. Ada berbagai jenis wallet, mulai dari yang berbasis aplikasi hingga hardware wallet yang menawarkan keamanan ekstra.

8. Pantau Investasi Kamu

Investasi kripto sangat fluktuatif, jadi penting untuk selalu memantau perkembangan pasar. Gunakan alat analisis dan berita terkini untuk membuat keputusan yang bijak terkait jual beli aset kripto kamu.

Strategi dan Tips Bermain Kripto

Untuk memastikan kamu bisa bermain kripto dengan sukses dan minim risiko, penting untuk memiliki strategi yang matang. Berikut ini beberapa strategi dan tips utama yang bisa kamu terapkan.

1. Diversifikasi Portofolio 

Jangan menaruh semua dana kamu di satu jenis kripto saja. Dengan mendiversifikasi portofolio, kamu bisa mengurangi risiko dan memanfaatkan peluang dari berbagai aset kripto. Misalnya, selain berinvestasi di Bitcoin, coba alokasikan sebagian dana ke Ethereum atau Altcoins lainnya yang punya potensi.

2. Gunakan Analisis Teknikal dan Fundamental 

Menguasai analisis teknikal dan fundamental akan membantumu membuat keputusan yang lebih bijak. Analisis teknikal melibatkan studi pola grafik dan indikator pasar, sementara analisis fundamental fokus pada nilai intrinsik suatu aset berdasarkan berita, teknologi, dan faktor ekonomi.

3. Tetapkan Stop-Loss dan Target Profit 

Selalu tentukan batas kerugian (stop-loss) dan target keuntungan sebelum memulai trading. Ini akan membantumu mengontrol emosi dan menjaga disiplin dalam berinvestasi. Dengan stop-loss, kamu bisa menghindari kerugian besar jika pasar bergerak tidak sesuai prediksi, sementara target profit memastikan kamu mengambil keuntungan pada waktu yang tepat.

4. Tetap Terinformasi dengan Berita Terkini 

Pasar kripto sangat dipengaruhi oleh berita dan perkembangan teknologi. Selalu update dengan berita terkini tentang regulasi, adopsi teknologi, dan perkembangan proyek kripto. Mengikuti sumber berita terpercaya dan komunitas kripto bisa memberimu wawasan yang berharga.

5. Hindari FOMO dan FUD 

Fear of Missing Out (FOMO) dan Fear, Uncertainty, Doubt (FUD) adalah dua musuh besar dalam dunia kripto. Jangan terburu-buru membeli kripto hanya karena melihat harga naik cepat atau menjual karena panik dengan berita negatif. Tetap tenang, ikuti rencana investasi kamu, dan buat keputusan berdasarkan analisis yang matang.

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Investasi Kripto

Untuk menjadi investor kripto yang sukses, kamu perlu menghindari beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pemula. Berikut ini beberapa kesalahan yang harus kamu hindari.

1. Kurangnya Penelitian 

Memulai investasi tanpa melakukan penelitian yang memadai adalah kesalahan besar. Banyak investor baru yang membeli kripto hanya karena mendengar berita bagus atau rekomendasi teman. Penting untuk memahami proyek di balik setiap koin, teknologi yang digunakan, tim pengembang, dan potensi jangka panjangnya sebelum berinvestasi.

2. Tidak Memiliki Rencana Investasi yang Jelas 

Tanpa rencana investasi yang jelas, kamu cenderung membuat keputusan emosional yang bisa merugikan. Tentukan tujuan investasi kamu, apakah itu untuk jangka pendek atau panjang, dan buat strategi yang sesuai. Tetapkan batasan risiko yang bisa kamu terima dan jangan tergoda untuk mengambil keputusan impulsif.

3. Mengabaikan Keamanan 

Keamanan adalah aspek krusial dalam investasi kripto. Jangan menyimpan aset kripto kamu di bursa dalam jangka panjang karena risiko peretasan. Gunakan dompet hardware atau dompet software yang terpercaya untuk menyimpan kripto kamu. Selain itu, aktifkan autentikasi dua faktor dan jangan pernah membagikan kunci pribadi atau kata sandi kamu.

4. Overtrading 

Overtrading atau terlalu sering melakukan perdagangan bisa merugikan. Banyak investor yang tergoda untuk terus-menerus membeli dan menjual kripto untuk memanfaatkan setiap fluktuasi harga. Namun, strategi ini bisa menguras modal kamu karena biaya transaksi dan potensi kesalahan dalam timing pasar. Lebih baik fokus pada strategi jangka panjang yang lebih stabil.

5. Tidak Memantau Pasar 

Pasar kripto bergerak sangat cepat dan bisa berubah drastis dalam waktu singkat. Mengabaikan perkembangan pasar bisa membuat kamu kehilangan peluang atau terjebak dalam situasi yang tidak menguntungkan. Tetaplah terinformasi dengan mengikuti berita terbaru dan menggunakan alat pemantau pasar untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

Foto diambil dari Freepik.