MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
7 Keuntungan Memiliki Saham yang Bisa Mengubah Hidup Kamu
Teori
Bagikan!

7 Keuntungan Memiliki Saham yang Bisa Mengubah Hidup Kamu

21 June 2024
4 menit membaca
7 Keuntungan Memiliki Saham yang Bisa Mengubah Hidup Kamu

Hai Sobat Reku! Siapa bilang membeli saham itu sulit atau hanya untuk investor besar? Investasi saham sebenarnya adalah langkah cerdas menuju kebebasan finansial yang bisa dijangkau oleh siapa saja dan bukan lagi eksklusif untuk para investor besar. Dengan memiliki saham, kamu bukan hanya menjadi bagian dari pertumbuhan perusahaan, tapi juga membuka pintu menuju berbagai peluang keuangan. Yuk, temukan 7 keuntungan luar biasa yang akan mengubah cara pandangmu terhadap investasi saham!

  • Mendapatkan Dividen Saham

Salah satu manfaat menarik dari memiliki saham adalah mendapatkan dividen. Dividen ini sebenarnya adalah pembagian laba perusahaan kepada para pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Dengan menerima dividen, kamu diakui sebagai pemilik perusahaan dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Semakin banyak saham yang kamu miliki, semakin besar pula potensi dividen yang bisa kamu dapatkan, asalkan perusahaan memutuskan untuk membagi laba kepada pemegang saham. Ini salah satu alasan mengapa investasi saham bisa menjadi pilihan cerdas.

  • Potensi Capital Gain

manfaat menarik berikutnya ketika kamu memiliki saham adalah kemungkinan untuk memperoleh capital gain. Capital gain sendiri adalah keuntungan ketika investor menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dari harga belinya. Ketika sebuah perusahaan berkembang dan nilai sahamnya meningkat dari waktu ke waktu, kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan menjual sahammu dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya. Selisih antara harga jual dan beli inilah yang menjadi keuntungan capital gain. Investasi saham bisa dimulai dengan modal kecil, seperti Rp100.000 saja. Dengan memilih saham yang tepat dan memahami pergerakan pasar, kamu bisa mengembangkan investasimu seiring berjalannya waktu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

  • Diversifikasi Portofolio

Investasi saham bukan hanya tentang mencari keuntungan, tetapi juga strategi untuk melindungi portofoliomu dari risiko yang tidak terduga. Diversifikasi portofolio, seperti yang ditekankan oleh Good Financial Cents, adalah kunci utama dalam manajemen risiko investasi. Dengan memiliki saham dari berbagai perusahaan dan sektor industri yang berbeda, kamu tidak hanya mengoptimalkan alokasi aset, tetapi juga mengurangi risiko yang terkait dengan kinerja perusahaan individu. Ketika beberapa saham mungkin mengalami penurunan nilai, saham lain dalam portofoliomu dapat membantu meredakan dampaknya. Diversifikasi juga membuka peluang untuk mendapatkan hasil yang stabil dan berkelanjutan dari investasimu, karena performa yang buruk dari satu saham tidak akan secara signifikan mempengaruhi keseluruhan portofoliomu.

  • Likuiditas Tinggi

Investasi dalam saham tidak hanya memberikan potensi keuntungan finansial, tetapi juga menawarkan likuiditas yang tinggi di pasar modal. Likuiditas yang tinggi memungkinkan kamu untuk menjual saham dengan cepat dan mendapatkan uang tunai sesuai kebutuhan. Dengan adanya pasar modal yang aktif, kamu memiliki fleksibilitas untuk mengatur portofolio investasi secara efisien, membeli dan menjual saham saat diperlukan tanpa kendala yang signifikan. Ini memberikan rasa aman dan kemudahan dalam mengelola investasi sahammu, serta meningkatkan potensi untuk merespon perubahan pasar dengan lebih responsif.

  • Mudah Diakses dan Dikendalikan

Investasi saham menawarkan kemudahan dalam hal aksesibilitas dan pengendalian yang dapat meningkatkan pengalaman investasi kamu. Kamu dapat melakukan pembelian dan penjualan saham melalui platform online atau melalui perusahaan sekuritas dengan cepat dan mudah. Lebih dari itu, investasi ini juga memberikan fleksibilitas untuk mengelola portofolio investasi secara efisien. Kamu dapat menentukan harga beli atau jual saham secara otomatis melalui aplikasi, tanpa perlu terus-menerus memantau pergerakan grafik investasi. Dengan fitur-fitur ini, investasi saham tidak hanya menjadi lebih praktis tetapi juga memberikan kebebasan untuk mengatur investasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan finansial kamu. Ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak investor memilih saham sebagai instrumen investasi yang ideal untuk meraih tujuan keuangan jangka panjang mereka.

  • Keuntungan dari Pertumbuhan Perusahaan

Investasi saham tidak hanya sekadar memiliki saham dalam suatu perusahaan, tetapi juga membuka peluang untuk meraih keuntungan seiring dengan pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Ketika kamu berinvestasi pada saham perusahaan yang berkembang pesat, peluang untuk memperoleh profit yang signifikan pun semakin besar. Pertumbuhan perusahaan sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor penting, seperti ekspansi pasar, inovasi produk, peningkatan pendapatan, dan bahkan akuisisi bisnis. Dengan memilih perusahaan yang memiliki indeks pertumbuhan yang positif, kamu dapat meningkatkan potensi keuntungan investasi sahammu secara substansial.

  • Investasi yang Fleksibel

Investasi saham menawarkan fleksibilitas yang luar biasa dalam mengelola keuanganmu. Kamu dapat memulai dengan modal sesuai kemampuanmu tanpa ada batasan minimum yang ditetapkan. Dengan demikian, baik kamu ingin berinvestasi dalam jumlah kecil atau besar, semuanya bisa disesuaikan dengan keinginanmu sendiri. Tidak hanya itu, kamu juga memiliki kendali penuh atas jangka waktu investasimu. Kamu bisa memilih untuk berinvestasi dalam jangka pendek, menengah, atau panjang, sesuai dengan tujuan keuangan yang telah kamu tetapkan. Fleksibilitas ini memungkinkanmu untuk mengelola portofolio investasi secara efektif dan optimal.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

Foto diambil dari Freepik.