MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Investasi Cerdas: Memaksimalkan Passive Income dari Bitcoin dan Saham AS!
Teori
Bagikan!

Investasi Cerdas: Memaksimalkan Passive Income dari Bitcoin dan Saham AS!

05 July 2024
5 menit membaca
Investasi Cerdas: Memaksimalkan Passive Income dari Bitcoin dan Saham AS!

Mau tahu cara mengubah investasi jadi mesin penghasil uang? Di artikel ini, kita akan bahas bagaimana kamu bisa memaksimalkan passive income dari Bitcoin dan saham AS. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus selalu aktif memantau pasar. Dari keajaiban Bitcoin hingga potensi besar saham-saham seperti AAPL (Apple) dan AMZN (Amazon), semuanya akan kita kupas tuntas. Siap untuk investasi cerdas? Yuk, simak artikel ini dan temukan cara terbaik untuk menambah passive income kamu!

Apa Itu Passive Income?

Passive income adalah jenis pendapatan yang diperoleh secara otomatis dengan sedikit usaha atau tanpa usaha aktif setelah investasi awal dilakukan. Berbeda dengan pendapatan aktif yang mengharuskan kamu bekerja secara langsung, passive income memungkinkan kamu menghasilkan uang bahkan ketika sedang tidur. Contohnya, kamu bisa mendapatkan passive income dari investasi saham yang membayar dividen atau dari kepemilikan Bitcoin yang nilainya terus meningkat. Pentingnya memiliki sumber pendapatan pasif adalah untuk memberikan stabilitas finansial jangka panjang dan kebebasan finansial yang lebih besar. Dengan passive income, kamu bisa mencapai tujuan finansial tanpa harus terus-menerus bekerja keras setiap hari.

Keuntungan Passive Income dari Bitcoin

Bitcoin menawarkan berbagai manfaat untuk kamu yang ingin mendapatkan passive income. Berikut tiga poin utama yang bisa kamu manfaatkan.

1. Apresiasi Nilai

Bitcoin dikenal dengan volatilitasnya, namun dalam jangka panjang, banyak investor yang menikmati keuntungan signifikan dari apresiasi nilai Bitcoin. Ketika harga Bitcoin naik, nilai investasi kamu juga ikut meningkat, memberikan potensi keuntungan yang besar tanpa perlu aktif terlibat dalam trading sehari-hari. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekayaan kamu seiring waktu.

2. Pendapatan Bunga

Selain apresiasi nilai, kamu bisa menghasilkan passive income dengan cara meminjamkan Bitcoin kamu di platform lending kripto. Banyak platform yang menawarkan bunga kompetitif untuk Bitcoin yang kamu depositkan, memberikan pendapatan tetap tanpa harus menjual aset kripto kamu. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara berkala hanya dengan menyimpan Bitcoin kamu.

3. Fleksibilitas dan Likuiditas

Bitcoin bisa diperdagangkan kapan saja, tanpa terikat oleh jam bursa tertentu. Ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi kamu untuk mengelola investasi sesuai kebutuhan dan kondisi pasar. Fleksibilitas ini juga memungkinkan kamu untuk cepat merespons peluang pasar atau kebutuhan likuiditas tanpa penundaan. Kamu bisa menjual atau membeli Bitcoin kapan saja sesuai strategi investasi kamu.

Strategi Memaksimalkan Passive Income dari Saham AS

Untuk mendapatkan pendapatan pasif yang maksimal dari saham-saham terkenal di pasar AS, seperti AAPL (Apple) dan AMZN (Amazon), kamu bisa mencoba beberapa strategi berikut.

1. Investasi dalam Dividen

Saham yang membayar dividen secara rutin bisa menjadi sumber passive income yang stabil. Pilih saham blue-chip yang dikenal dengan pembayaran dividen konsisten, seperti Apple dan Amazon, yang sering memberikan imbal hasil menarik kepada para pemegang saham. Dengan begitu, kamu bisa menikmati aliran pendapatan reguler tanpa perlu menjual saham.

2. Reinvestasi Dividen

Menggunakan program reinvestasi dividen (DRIP) memungkinkan kamu untuk membeli lebih banyak saham dari dividen yang diterima, sehingga meningkatkan jumlah saham yang kamu miliki tanpa tambahan modal. Ini mempercepat pertumbuhan portofolio dan potensi passive income di masa mendatang. Reinvestasi dividen bisa membantu kamu memanfaatkan efek compounding untuk memperbesar hasil investasi secara signifikan.

3. Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi investasi dengan menyebar modal ke berbagai sektor dan saham AS mengurangi risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan. Jangan hanya fokus pada satu atau dua saham, tapi pilih beberapa saham di sektor berbeda. Misalnya, selain Apple dan Amazon, kamu bisa berinvestasi di perusahaan teknologi lainnya, sektor kesehatan, atau industri lain yang berpotensi tinggi. Diversifikasi membantu menyeimbangkan risiko dan meningkatkan stabilitas pendapatan pasif.

Diversifikasi Investasi: Bitcoin dan Saham AS

Diversifikasi adalah kunci untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan hasil investasi. Dengan menggabungkan Bitcoin dan saham AS dalam portofolio, kamu bisa meraih keuntungan optimal.

1. Mengurangi Risiko 

Dengan memiliki berbagai jenis aset, risiko keseluruhan portofolio bisa berkurang. Ketika salah satu aset mengalami penurunan, aset lainnya mungkin tetap stabil atau bahkan meningkat, sehingga menjaga keseimbangan.

2. Memanfaatkan Potensi Pertumbuhan

Bitcoin dan saham AS memiliki karakteristik yang berbeda. Bitcoin seringkali menunjukkan pertumbuhan yang cepat dan volatilitas tinggi, sedangkan saham AS, terutama blue-chip seperti Apple dan Amazon, cenderung lebih stabil dengan pertumbuhan yang lebih konsisten. Dengan memadukan keduanya, kamu bisa memanfaatkan potensi pertumbuhan tinggi dari Bitcoin sambil tetap menikmati kestabilan dari saham-saham AS.

3. Fleksibilitas Investasi

Diversifikasi memberi kamu fleksibilitas dalam menghadapi berbagai kondisi pasar. Saat pasar saham melemah, nilai Bitcoin bisa meningkat, begitu juga sebaliknya. Dengan portofolio yang beragam, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan strategi investasi sesuai dengan perubahan kondisi pasar, menjaga aliran pendapatan pasif tetap stabil dan optimal.

Tips dan Trik Investasi Cerdas

Mau tahu cara memaksimalkan passive income dari Bitcoin dan saham AS? Simak beberapa tips praktis berikut ini.

1. Riset Mendalam 

Sebelum berinvestasi, lakukan riset mendalam tentang Bitcoin dan saham AS. Kenali tren pasar, analisis fundamental perusahaan seperti Apple (AAPL) dan Amazon (AMZN), serta berita terbaru di dunia kripto. Informasi yang tepat bisa membantu kamu mengambil keputusan investasi yang cerdas.

2. Pantau Secara Berkala

Jangan biarkan investasimu berjalan tanpa pengawasan. Pantau portofolio kamu secara berkala untuk menilai kinerja dan menyesuaikan strategi jika diperlukan. Pasar kripto dan saham bisa sangat dinamis, jadi penting untuk selalu update dengan perkembangan terkini.

3. Gunakan Platform Terpercaya

Pastikan kamu menggunakan platform investasi yang terpercaya seperti Reku untuk berinvestasi di Bitcoin dan broker saham yang terdaftar di lembaga resmi untuk saham AS. Platform yang andal memberikan keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

4. Manfaatkan Dividen

Beberapa saham AS memberikan dividen sebagai tambahan passive income. Pilih saham yang rutin memberikan dividen, seperti Apple dan Microsoft, untuk menambah aliran pendapatanmu. Dividen bisa menjadi sumber passive income yang stabil dan menguntungkan.

5. Diversifikasi Investasi

Jangan hanya fokus pada satu jenis aset. Diversifikasi portofolio kamu dengan menggabungkan Bitcoin dan berbagai saham AS. Diversifikasi membantu mengurangi risiko dan meningkatkan peluang mendapatkan keuntungan optimal dari berbagai sumber pendapatan.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

Foto diambil dari Freepik.