MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Investasi Saham Online: Definisi, Kelebihan, dan Aplikasi Terbaik untuk Kamu!
Teori
Bagikan!

Investasi Saham Online: Definisi, Kelebihan, dan Aplikasi Terbaik untuk Kamu!

08 July 2024
4 menit membaca
Investasi Saham Online: Definisi, Kelebihan, dan Aplikasi Terbaik untuk Kamu!

Tertarik memulai investasi saham tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang, kamu tidak sendirian! Artikel ini akan membantu kamu memahami definisi saham, kelebihan investasi saham dibanding aset lainnya, dan bagaimana aplikasi investasi online mempermudah proses ini. Dengan informasi yang jelas dan panduan praktis, kamu akan siap memaksimalkan peluang investasi dan mengelola portofolio kamu dengan lebih percaya diri. Yuk, simak selengkapnya dan temukan aplikasi investasi saham terbaik yang cocok untuk kamu!

Definisi Saham

Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang dapat memberikan keuntungan finansial kepada pemegangnya. Ketika kamu memiliki saham, kamu memiliki sebagian kecil dari perusahaan tersebut dan berhak atas bagian keuntungan yang dihasilkan, yang dikenal sebagai dividen. Selain itu, harga saham bisa naik, memberikan potensi keuntungan lebih besar saat kamu menjualnya. Saham sering kali menjadi pilihan investasi karena potensi keuntungannya yang tinggi, namun juga memiliki risiko yang perlu dipahami dengan baik. Jadi, memiliki pengetahuan dasar tentang saham sangat penting sebelum kamu memulai investasi.

Kelebihan Saham Dibandingkan Aset Lain

Investasi saham memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan aset lainnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa banyak orang memilih saham sebagai salah satu instrumen investasi utama mereka.

1. Potensi Keuntungan yang Lebih Tinggi 

Saham memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan aset lainnya seperti obligasi atau deposito. Harga saham bisa meningkat secara signifikan dalam jangka waktu tertentu, memberikan capital gain yang menarik. Selain itu, perusahaan juga bisa memberikan dividen kepada pemegang saham, yang menambah keuntunganmu. Contohnya, investasi di saham-saham unggulan seperti BBCA atau AAPL bisa memberikan imbal hasil yang lebih tinggi daripada aset konvensional.

2. Likuiditas yang Tinggi 

Saham merupakan aset yang sangat likuid, artinya kamu bisa dengan mudah membeli atau menjual saham di pasar bursa. Ini berbeda dengan aset seperti properti yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dijual. Kemampuan untuk cepat bertransaksi ini memberikan fleksibilitas dalam mengelola portofolio investasimu. Misalnya, ketika ada peluang investasi lain yang lebih baik, kamu bisa segera mencairkan saham-saham yang kamu miliki untuk beralih ke investasi tersebut.

3. Diversifikasi Portofolio 

Berinvestasi di saham memungkinkan kamu untuk mendiversifikasi portofolio investasimu dengan mudah. Dengan memiliki saham dari berbagai sektor industri, kamu bisa mengurangi risiko investasi. Diversifikasi ini penting untuk menjaga stabilitas dan meminimalkan kerugian jika salah satu sektor mengalami penurunan. Sebagai contoh, kamu bisa memiliki saham di sektor teknologi seperti AMZN dan sektor keuangan seperti BBCA untuk menyebar risiko.

Keuntungan Investasi Saham secara Online

Investasi saham secara online menawarkan berbagai keuntungan yang membuat proses investasi menjadi lebih mudah dan efisien. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari investasi saham secara online.

1. Akses Mudah dan Cepat 

Dengan investasi saham online, kamu bisa mengakses pasar saham kapan saja dan di mana saja hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer. Tidak perlu lagi datang ke kantor broker untuk melakukan transaksi. Ini sangat praktis, terutama bagi kamu yang memiliki jadwal sibuk. Kamu bisa memantau pergerakan harga saham secara real-time dan membuat keputusan investasi dengan cepat.

2. Biaya Transaksi Lebih Rendah 

Berinvestasi saham secara online biasanya dikenakan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan cara konvensional. Platform investasi online sering menawarkan fee yang lebih kompetitif dan berbagai promo menarik. Hal ini tentu menguntungkan bagi kamu yang ingin memaksimalkan keuntungan dengan meminimalkan biaya transaksi. Bahkan, beberapa aplikasi investasi menawarkan paket tanpa komisi untuk transaksi tertentu.

3. Fitur dan Alat Analisis Lengkap 

Aplikasi investasi saham online biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur dan alat analisis yang membantu kamu membuat keputusan investasi yang lebih baik. Kamu bisa memanfaatkan grafik, data historis, dan laporan keuangan yang tersedia di platform tersebut. Dengan fitur-fitur ini, kamu bisa melakukan analisis teknikal dan fundamental secara mendalam, sehingga dapat meningkatkan peluang keberhasilan investasi.

Tips Memulai Investasi Saham Online

Memulai investasi saham online bisa menjadi langkah besar menuju kebebasan finansial. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar sukses berinvestasi saham online.

1. Pilih Platform Investasi yang Terpercaya 

Mulailah dengan memilih platform investasi online yang sudah teruji dan memiliki reputasi baik. Periksa ulasan pengguna dan pastikan platform tersebut memiliki fitur keamanan yang memadai. Platform yang baik biasanya juga menawarkan berbagai alat analisis yang bisa kamu gunakan untuk mengelola investasimu.

2. Pelajari Dasar-Dasar Investasi Saham 

Sebelum mulai berinvestasi, pastikan kamu memahami dasar-dasar investasi saham. Pelajari istilah-istilah penting seperti saham, dividen, dan capital gain. Pahami juga bagaimana pasar saham bekerja dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pergerakan harga saham. Pengetahuan dasar ini akan membantumu membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana.

3. Tentukan Tujuan Investasi dan Strategi 

Tentukan apa tujuan investasimu, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang. Setelah itu, buatlah strategi investasi yang sesuai dengan tujuan tersebut. Misalnya, untuk investasi jangka panjang, kamu bisa fokus pada saham-saham blue-chip yang cenderung stabil dan memberikan dividen.

4. Diversifikasi Portofolio Investasi 

Diversifikasi adalah kunci untuk mengurangi risiko dalam investasi saham. Jangan hanya membeli saham dari satu perusahaan atau satu sektor saja. Sebar investasimu di berbagai perusahaan dan sektor yang berbeda. Ini akan membantumu meminimalkan kerugian jika ada salah satu saham yang performanya kurang baik.

5. Monitor dan Evaluasi Investasi Secara Berkala 

Setelah berinvestasi, jangan lupa untuk memantau dan mengevaluasi portofoliomu secara berkala. Periksa kinerja saham-saham yang kamu miliki dan bandingkan dengan target yang sudah kamu tetapkan. Jika ada saham yang performanya kurang memuaskan, pertimbangkan untuk menjualnya dan mencari peluang investasi lain yang lebih menguntungkan.

Aplikasi Terbaik untuk Investasi Online

Ketika kamu memutuskan untuk mulai berinvestasi secara online, memilih aplikasi yang tepat sangatlah penting. Salah satu aplikasi yang bisa kamu pertimbangkan adalah Reku. Dengan Reku, kamu bisa berinvestasi dengan mudah dan aman, berkat fitur-fitur unggulannya seperti antarmuka pengguna yang ramah, berbagai alat analisis, serta keamanan tingkat tinggi. Selain itu, Reku juga menawarkan berbagai pilihan aset, termasuk berbagai koin dari aset kripto, sehingga kamu bisa mendiversifikasi portofolio investasi kamu dengan lebih baik.

Keamanan Investasimu Prioritas Kami!

Aplikasi Reku tersedia di Android dan App Store. Download untuk mulai investasi lebih dari 100 aset kripto yang terdaftar. Alasan kenapa Reku menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di Indonesia:

  • Fee transaksi sangat rendah
  • Tersedia mode Pro dan mode Lightning, cocok untuk segala jenis investor
  • Staking dengan APY hingga 12.5% dan berlisensi BAPPEBTI
  • Bisa mulai dengan modal Rp5.000
  • Analisa setiap minggu dari Crypto Researcher Reku

Tunggu apa lagi? Ayo mulai perjalanan investasimu di Reku sekarang!

Foto diambil dari Freepik.