MarketTrade
Products
Wallet
Learning Hub
Unduh Aplikasi Reku
google-icon

Reku Kampus

Blog
Teori
Tutorial
Kamus Kripto
Cari Tahu Mengapa NASDAQ Menjadi Acuan Penting Saham AS!
Teori
Bagikan!

Cari Tahu Mengapa NASDAQ Menjadi Acuan Penting Saham AS!

03 July 2024
3 menit membaca
Cari Tahu Mengapa NASDAQ Menjadi Acuan Penting Saham AS!

Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa NASDAQ sering disebut-sebut dalam berita keuangan? NASDAQ bukan hanya sekedar bursa saham biasa, NASDAQ menjadi indikator utama yang mencerminkan kesehatan ekonomi, terutama di sektor teknologi. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa itu NASDAQ, bagaimana ia bekerja, dan mengapa NASDAQ menjadi acuan penting saham AS.

Apa itu NASDAQ?

NASDAQ, singkatan dari National Association of Securities Dealers Automated Quotations, adalah bursa saham elektronik pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1971. Berbeda dengan bursa saham tradisional seperti New York Stock Exchange (NYSE) yang menggunakan sistem perdagangan di lantai bursa, NASDAQ menggunakan jaringan komputer untuk memfasilitasi perdagangan saham. Singkatnya, semua transaksi saham dilakukan secara digital tanpa perlu ada pertemuan fisik antara pembeli dan penjual.

Mengapa NASDAQ Menjadi Acuan Penting Saham AS?

Perlu kamu ketahui bahwa pasar saham adalah barometer penting bagi kesehatan ekonomi suatu negara. Di Amerika Serikat, NASDAQ adalah salah satu bursa saham paling terkenal dan memiliki peran yang sangat penting. 

Berikut beberapa alasan mengapa NASDAQ menjadi acuan penting di saham AS:

1. Fokus pada Perusahaan Teknologi

Salah satu alasan utama mengapa NASDAQ menjadi acuan penting adalah karena fokusnya pada perusahaan teknologi. Banyak perusahaan teknologi besar seperti Apple, Microsoft, Amazon, dan Google (sekarang Alphabet) terdaftar di NASDAQ. Mengingat bahwa teknologi adalah salah satu sektor paling dinamis dan inovatif, kinerja NASDAQ sering mencerminkan perkembangan terbaru dalam teknologi dan inovasi.

2. Volume Perdagangan yang Tinggi

NASDAQ memiliki volume perdagangan yang sangat tinggi, yang berarti banyak saham diperdagangkan setiap hari. Volume perdagangan yang tinggi ini menciptakan likuiditas, yang penting karena memungkinkan investor untuk membeli dan menjual saham dengan mudah tanpa harus menunggu waktu yang lama atau menghadapi pergerakan harga yang besar.

3. Indikator Kesehatan Ekonomi

Kinerja NASDAQ sering digunakan sebagai indikator kesehatan ekonomi, terutama untuk sektor teknologi. Jika indeks NASDAQ naik, ini biasanya menunjukkan bahwa investor percaya pada prospek masa depan perusahaan teknologi, yang pada gilirannya mencerminkan optimisme terhadap ekonomi secara keseluruhan. Sebaliknya, jika NASDAQ turun, ini bisa menjadi tanda kekhawatiran atau masalah dalam industri teknologi.

4. Diversifikasi Investasi

NASDAQ menawarkan banyak pilihan saham dari berbagai sektor, meskipun terkenal dengan saham teknologinya. Ini memungkinkan investor untuk mendiversifikasi portofolio mereka, mengurangi risiko dengan tidak menempatkan semua dana mereka dalam satu jenis investasi. Diversifikasi ini penting untuk mengelola risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan.

5. Inovasi dalam Perdagangan

NASDAQ terkenal karena inovasinya dalam teknologi perdagangan. Mereka adalah pelopor dalam penggunaan sistem perdagangan otomatis dan algoritma yang membantu mempercepat dan mengamankan proses transaksi. Ini membuat perdagangan saham di NASDAQ lebih efisien dan lebih aman dibandingkan dengan metode tradisional.

Dampak Global NASDAQ

NASDAQ memiliki dampak besar pada pasar keuangan di seluruh dunia karena berbagai alasan. Pertama, NASDAQ sering dianggap sebagai indikator kesehatan ekonomi global, terutama di sektor teknologi, karena banyak perusahaan teknologi besar seperti Apple, Microsoft, dan Amazon terdaftar di sini. Ketika NASDAQ naik, ini sering menunjukkan bahwa investor optimis terhadap ekonomi global, dan sebaliknya.

Selain itu, pergerakan harga saham di NASDAQ bisa mempengaruhi bursa saham lain di dunia. Jika NASDAQ mengalami kenaikan, biasanya bursa saham lain juga naik karena meningkatnya kepercayaan investor. Sebaliknya, jika NASDAQ turun, ini bisa menimbulkan kekhawatiran dan memicu penurunan di pasar saham lain.

NASDAQ juga menjadi pusat inovasi teknologi, dengan banyak perusahaan teknologi terkemuka yang menetapkan standar industri global. Inovasi dari perusahaan-perusahaan ini sering diadopsi di seluruh dunia, memajukan perkembangan teknologi global.

NASDAQ adalah acuan penting dalam pasar saham AS. Dengan banyaknya perusahaan besar dan inovatif yang terdaftar di NASDAQ, bursa ini tidak hanya mencerminkan dinamika industri teknologi tetapi juga memberikan wawasan berharga tentang arah perekonomian global.

Jadi, jika kamu tertarik dengan dunia investasi atau hanya ingin memahami bagaimana pasar saham bekerja, memantau kinerja NASDAQ adalah langkah yang sangat baik. Dengan mengetahui apa yang terjadi di NASDAQ, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang tren dan peluang di pasar saham AS dan global.

Membeli Aset Kripto dengan Aplikasi Reku

Sekarang kamu bisa membeli Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya aplikasi Reku. Aplikasi ini memungkinkan investor untuk membeli crypto secara online dengan aman dan mudah karena diawasi oleh BAPPEBTI.

Langkah-langkah Membeli Aset Kripto di Reku

  1. Unduh dan Daftar: Unduh aplikasi Reku dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  2. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun kurang dari 5 menit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Deposit Rupiah: Lakukan deposit dalam bentuk Rupiah ke aplikasi Reku. Kamu bisa melakukan transfer dari berbagai bank dan e-wallet, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, OVO, Dana, dan lain-lain.
  4. Pilih Aset Kripto: Cari crypto yang ingin kamu beli dari 100+ daftar aset kripto yang dimiliki Reku.
  5. Beli Crypto: Lakukan pembelian dengan mode Pro maupun Lightning sesuai preferensimu.

 

Foto diambil dari Nasdaq.